Perpustakaan

Perpustakaan SDN Tukangan Yogyakarta

Sebenarnya Perpustakaan SDN Tukangan sudah ada sejak tahun 2007. Namun waktu itu ruangan perpustakaan jarang sekali di buka. Sangatlah facum & tidak banyak di kunjungi anak – anak. Peminjam bukupun juga sangatlah terbatas di karenakan yang mengelola perpustakaan mayoritas guru-guru kelas. Wajar saja perpustakaan di buka kalau setiap anak di beri tugas guru kelas baru mengunjungi perpustakaan. Itu cerita dulu dan sekarang lain semenjak kepala sekolah di pegang oleh ibu Dewi Partini M.Pd

Pada tahun 2010 ibu Dewi Partini sangatlah memperhatikan keadaan perpustakaan SDN Tukangan. Beliau juga sangat peduli untuk perpustakaan , tanaman dan masih banyak yang beliau rasa SDN Tukangan belum punya contohnya mushola, yang dulunya kantin sekarang di bangun menjadi sebuah mushola mungil & nyaman , sampai saat ini bisa dipakai untuk ibadah ( Sholat). Begitu pula perpustakaan.Menurut beliau,sangatlah penting buat anak – anak untuk meningkatkan kualitas gemar membaca. Karena waktu itu belum ada yang mengelola khusus perpustakaan, Ibu harijani di beri kepercayaan untuk mengelolanya dari tahun 2010 sampai 2015 hingga saat ini.

Pada awalnya tahun 2010 pertama kali beliau memasuki ruangan perpustakaan . sungguh bagaikan gudang berantakan , banyak sawang ,bau apek,ruangan singup , buku-buku berserakan , bahkan buku-buku koleksi cerita maupun yang lain bertumpuk-tumpuk sampai menutup jendela sehingga jendela tidak bisa di buka..sama sekali tidak ada ventilasik.karena terhalang buku-buku yang menumpuk.Mungkin anak-anak di waktu meminjam maupun membaca asal meletakkan buku sembarangan tanpa ada yang mengawasinya..

Untuk mengawalinya beliau harus menata buku satu persatu menyingkirkan buku yang menutup jendela . Alhamdulillaah.selama 1 minggu..buku yang menutup jendela kini sudah di rak semua dan jendela bisa dibuka untuk menghirup udara segar.Walaupun masih banyak buku yang belum tertata di rak.

Hari berganti hari perpustakaan SDN Tukangan sudah mulai aktif di banding tahun – tahun sebelumnya,yang tadinya belum ada meja sirkulasi, meja baca , meja tempat administrasi sekarang sudah ada.Anak – anak merasa senang dan nyaman untuk membaca buku di perpustakaan.Data pengunjung sudah semakin ramai bisa mencapai 800 pengunjung di tahun 2014.data peminjam buku juga semakin banyak..mengingat setiap acara tutup tahun pihak sekolah selalu memberikan Trophy bagi anak – anak yang rajin ke perpustakaan dan meminjam buku terbanyak itulah yang akan mendapatkan pengharaan Trophy.Anak-anak semakin senang beramai – ramai untuk meminjam buku.yang paling banyak di pinjam anak-anak adalah Fiksi ( cerita ), Kamus Bergambar Tiga Bahasa,My First Encyclopedia IPA ( koleksi terbaru 2015).

pengunjung-terbaik-perpus

jenis-buku-yg-sering-dipinjam

Di samping itu koleksi buku perpustakaan sudah mencapai hampir 5000, 3500 judul 5000 Exp lebih.

Anak-anak kini sudah mulai senang dan mereka merasa nyaman apabila mengunjungi perpustakaan.. anak-anak banyak yang berkata . ‘’ Walau perpustakaan. SDN Tukangan ruangannya kecil tapi sejuk banget bikin betah baca2 di sini ‘’,bahkan meminjam bukupun sampai menghabiskan 5 kartu penuh& berantusias ingin mendapatkan Trophy 2015 nanti pada acara tutup tahun.

Inilah koleksi foto kegiatan anak-anak di ruang perpustakaan :

kelas-4b-berburu-buku

Setiap jam istirahat mereka selalu berebut mencari -cari koleksi buku fiksi takut keduluan dengan teman-teman yang lain. Kadang buku yang mau di pinjam lebih dari satu katanya supaya kartunya bisa penuh & ingin dapat Trophy seperti kakak kelasnya.luar biasa .yang namanya anak-anak semangatnya tinggi sekali. Alhamdulillah perpustakaan jadi semakin ramai banyak yang mengunjungi, jadi jarang sekali sepi.

anak-kls-6b-sedang-membaca

rak-buku-perpus

penghargaan-pengunjung

antusiasme-perpus

Mungkin hanya ini saja kisah dari awal perkembangan Perpustakaan SD Negeri Tukangan Yogyakarta . Mudah-mudahan perpustakaan ini bisa dijadikan sarana pendidikan untuk mencari sumber ilmu, informasi, wawasan bagi anak-anak bangsa supaya tetap pandai,cerdas dan kreatif.